Home / Tips dan Trick / 10 Hal Yang Bisa dilakukan Laki-laki Untuk Mencegah Kekerasan Berbasis Gender
© Men Against Violence Against Women

10 Hal Yang Bisa dilakukan Laki-laki Untuk Mencegah Kekerasan Berbasis Gender

  1. Menjadikan kekerasan berbasis gender tidak hanya sebagai isu perempuan tapi juga  persoalan laki-laki. Ini akan memudahkan untuk melibatkan lebih banyak laki-laki dari berbagai latar belakang umur, ras dan sosial ekonomi. Laki-laki dapat menjadi bagian untuk menghadapi rekan sebaya yang masih mengedepankan kekerasan.
  2. Jika seseorang yang kamu tahu melakukan kekerasan atau memperlakukan perempuan secara umum dengan tidak pantas, jangan mengacuhkannya. Jika kamu merasa siap, coba ajak dia tentang persoalan tersebut. Jangan sungkan untuk mendorong dia mencari pertolong jika dibutuhkan.
  3. Selalu refleksikan bagaimana perilaku dan bahasa yang kita gunakan. Apakah ada yang masih mengandung seksisme atau menyakiti orang lain?
  4. Jika seseorang yang kamu ketahui mengalami tindak kekerasan, bertanyalah apakah kamu bisa membantunya
  5. Jika kamu pernah atau saat ini melakukan tindakan kekerasan terhadap perempuan secara, baik secara  emosional, psikis, fisik atau seksual segeralah mencari bantuan dari tenaga profesional. Kunjungi lembaga layanan yang menyediakan konseling untuk laki-laki
  6. Jadilah sekutu bagi perempuan yang bekerja untuk menghapus segala bentu kekerasan berbasis gender. Dukung upaya mereka dengan waktu, keahlian dan dana. Dukunglah organisasi women crisis center yang ada di dekat kamu. Kamu bisa juga membuat pengumpulan dana untuk mereka. 
  7. Kenali dan bersikap tegas terhadap homophobia dan serangan terhadap gay sebagai sebuah tindak kekerasan dan merupakan bagian dari seksisme. 
  8. Pelajari lebih jauh tentang kesetaran gender di konteks masyarakat yang berbeda serta memahami akar persoalan yang menyebabkan terjadinya kekerasan berbasis gender. Edukasi dirimu dan orang lain mengenai isu ini.
  9. Jangan membiayai seksisme. Jangan membeli barang yang secara seksual merendahkan perempuan, misalnya dalam iklan atau produknya.
  10. Ajarkan kepada remaja laki-laki bagaiman menjadi laki-laki yang menghormati perempuan. Jadilah teladan bagi mereka dengan memberi contoh.

Sumber: Men Against Violence Against Women

This post is also available in: English

About Syaldi Sahude

Pekerja data dan informasi, Relawan ALB

Check Also

Relasi Sehat

Bicara tentang relasi seringkali kita langsung mengindetikannya dengan relasi pacaran atau pernikahan. Bahkan kita juga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *