Home / Galeri / Bagaimana Laki-laki Terlibat Dalam Mempromosikan Kesetaraan Gender dan Maskulinitas Positif

Bagaimana Laki-laki Terlibat Dalam Mempromosikan Kesetaraan Gender dan Maskulinitas Positif

 

Selama ini program pembangunan kesetaraan gender dan penghapusan kekerasan terhadap perempuan lebih banyak berfokus kepada perempuan. Sebagai akibatnya isu gender, kekerasan terhadap perempuan, kesehatan ibu dan anak, serta perencanaan keluarga sering kali dianggap sebagai urusan perempuan. Di satu sisi situasi ini membuat laki-laki semakin teralienasi dari isu-isu gender dan kekerasan terhadap perempuan dan di sisi yang lain pencapain keadilan dan kesetaraan gender, pemenuhan hak-hak perempuan, seperti hak kesehatan reproduksi dan hak terbebas dari kekerasan terhadap perempuan, berjalan pelan tanpa melibatkan laki-laki sebagai bagian dari persoalan itu sendiri.

Pelibatan anak laki-laki dan laki-laki dewasa sangatlah penting demi meningkatkan hak dan kesehatan seksual dan reproduksi perempuan, menurunkan kekerasan berbasis gender, dan membangun hubungan antar laki-laki dan perempuan yang saling menghormati. Lebih jauh lagi, menjadi ayah adalah sebuah peristiwa kehidupan yang menawarkan peluang sangat luar biasa untuk membuat laki-laki mendefinisikan ulang tentang bagaimana menjadi seorang laki-laki.

Untuk mempromosikan pelibatan laki-laki di Indonesia, RutgersWPF Indonesia, Yayasan Pulih dan Aliansi Laki-laki Baru mengadakan kuliah umum dengan tema “Bagaimana Laki-laki Terlibat Dalam Mempromosikan Kesetaraan Gender dan Maskulinitas Positif” pada 7 November 2014, bertempat di Erasmus Huis, Jakarta.

Kuliah umum ini akan mengundang Michael Kaufman, Ph.D. Ia adalah seorang pembicara, penulis, konsultan dan pendidik yang terkenal di seluruh dunia karena gagasannya untuk program pelibatan laki-laki dalam mempromosikan kesetaraan gender. Michael Kaufman adalah penggagas White Ribbon Campaign, kampanye terbesar di seluruh dunia yang menyuarakan upaya laki-laki dalam menghentikan kekerasan terhadap perempuan. Saat ini, Michael berkeliling dunia untuk mempromosikan publikasinya yang terkait dengan isu pembangunan dan transformasi Gender. Michael Kaufman juga banyak memberi masukan pada sistem di PBB untuk membuat program pelibatan laki-laki untuk menghentikan kekerasan terhadap perempuan.

Antusias dari masyrakat dari berbagai kalangan untuk mengikuti kuliah umum ini begitu besar sehingga melebihi kuota yang dibuat oleh panitia. Hal ini juga tergambar dari berbagai pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta terkait dengan berbagai isu pelibatan laki-laki di Indonesia.

Video ini merupakan dokumentasi penuh dari kuliah umum “Bagaimana Laki-laki Terlibat Dalam Mempromosikan Kesetaraan Gender dan Maskulinitas Positif”. Semoga bisa menjadi salah satu referensi pengetahuan bersama!

About Redaksi

Gerakan Laki-laki untuk kesetaraan gender

Check Also

Cerita Perubahan

Cerita Perubahan adalah sebuah film mini dokumenter yang mengisahkan potret perjalanan sebuah keluarga di Lampung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *