Home / Kegiatan / Forum Belajar: Laki-laki Sebagai Caregiver untuk Korban Kekerasan Seksual

Forum Belajar: Laki-laki Sebagai Caregiver untuk Korban Kekerasan Seksual

Latar Belakang

Sejak awal tahun 2013, Yayasan Pulih Jakarta, telah menjalankan program MenCare+, sebuah program kampanye global untuk mempromosikan keterlibatan laki-laki, baik laki-laki dewasa sebagai pasangan, dan juga laki-laki muda/remaja, agar bertanggung jawab dan berperilaku tanpa kekerasan. Dalam implementasi program, Yayasan Pulih bekerjasama dengan Aliansi Laki-laki Baru (ALB), berperan dalam kampanye nasional untuk advokasi pelibatan laki-laki, salah satunya adalah dengan menyelenggarakan forum belajar. Forum belajar adalah sebuah kegiatan diskusi dengan jumlah peserta yang dibatasi, yaitu maksimal 20 orang. Kegiatan ini dilaksanakan untuk laki-laki dewasa, ayah, pasangan muda, anak muda dan kelompok masyarakat umum lainnya.

Peran Laki-laki sebagai Caregiver untuk Pemulihan Korban Kekerasan Seksual

Berbagai data penelitian dan laporan kasus kekerasan seksual, mayoritas pelakunya adalah laki-laki. Hal tersebut pada akhirnya membuat stigma bahwa semua laki-laki adalah pemerkosa. Sehingga banyak yang menganggap laki-laki tidak bisa menjadi bagian dari solusi akan permasalahan kekerasan seksual apalagi menjadi seorang caregiver untuk pemulihan korban kekerasan seksual.

Isu pelibatan laki-laki dalam menghentikan kekerasan seksual pada saat ini semakin meningkat di dunia. Terlihat dari mulai banyaknya laki-laki yang ikut terlibat dalam kerja-kerja penghentian kekerasan seksual hingga ikut angkat bicara menolak kekerasan seksual terhadap siapapun, terutama perempuan dan anak. Pengembangan program kerja pada isu pelibatan laki-laki pun semakin diperluas, tidak lagi hanya pada kampanye dan advokasi. Sehingga hal ini diharapkan dapat mendorong bahwa laki-laki bisa menjadi bagian dari solusi dalam menghentikan kekerasan seksual.

Namun, pengalaman tubuh yang berbeda dan trauma korban pada sosok laki-laki menjadi salah satu faktor yang menganggap laki-laki tidak bisa menjadi seorang caregiver untuk pemulihan korban kekerasan seksual. Hal tersebut masih menjadi perdebatan dalam masyarakat. Beberapa pertanyaan berikut sering muncul dalam perdebatan tersebut, seperti; Bagaimana laki-laki bisa memahami pengalaman yang dialami oleh korban? Apakah tidak akan menambah trauma yang dimiliki oleh korban? Bagaimana caranya laki-laki bisa ikut memulihkan korban kekerasan seksual? Bagaimana korban bisa memercayai laki-laki jika ia masih memiliki trauma terhadap laki-laki? Apakah laki-laki bisa memiliki rasa empati yang sama seperti banyak perempuan terhadap korban?

Maka dari itu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kami mengadakan forum belajar dengan topik Peran Laki-laki sebagai Caregiver dalam Pemulihan Korban Kekerasan Seksual.

Tujuan

Forum belajar topik “Peran Laki-laki sebagai Caregiver dalam Pemulihan Korban Kekerasan Seksual” diadakan dengan tujuan:

  1. Mengetahui bagaimana laki-laki bisa berperan sebagai caregiver
  2. Memahami pentingnya keterlibatan laki-laki dalam pemulihan korban kekerasan seksual
  3. Membangun perspektif yang sensitif gender dan setara juga anti-kekerasan
  4. Berbagi pengalaman tentang pemulihan korban kekerasan seksual terkait dengan keterlibatan laki-laki

Output Forum Belajar

Peserta memahami bahwa laki-laki bisa berperan dalam pemulihan korban kekerasan seksual dan semakin banyak laki-laki yang ikut ambil bagian dalam isu kekerasan seksual.

Pelaksanaan Forum Belajar

Forum belajar dengan topik Peran Laki-laki sebagai Caregiver dalam Pemulihan Korban Kekerasan Seksual akan diadakan pada:

Hari: Minggu, 11 Oktober 2015
Waktu: 15.00 – 17.00 WIB
Tempat: CoffeeWar, Jalan Kemang Timur Raya No. 15A, Jakarta Selatan (TBC)
Teman Belajar: Syaldi Sahude dan Charlie Chris Evans
Moderator: Rendra Yoanda

Peserta Forum Belajar

Forum belajar akan diikuti oleh maksimal 20 orang peserta dengan melakukan pendaftaran online pada setiap sesinya. Peserta yang diharapkan bergabung dalam forum belajar adalah kelompok:

  • Laki-laki dewasa
  • Laki-laki muda
  • Pasangan muda
  • Akademisi
  • Masyakarat umum

Narahubung Forum Belajar

Aliansi Laki-laki Baru: Shera R. Pringgodigdo – 08989890036 / shera@lakilakibaru.or.id

About Redaksi

Gerakan Laki-laki untuk kesetaraan gender

Check Also

Merebut Malam Kembali di Taman Suropati

Ada yang bilang ‘malam’ dan ‘perempuan’ bukan gabungan yang terdengar enak di telinga. Mendengar sebutan ‘perempuan malam’, pasti yang muncul di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *