Home / Kegiatan / Forum Belajar: Peran Laki-laki dalam Pengasuhan Anak

Forum Belajar: Peran Laki-laki dalam Pengasuhan Anak

I. Latar Belakang

Sejak awal tahun 2013, Yayasan Pulih Jakarta, telah menjalankan program MenCare+, sebuah program kampanye global untuk mempromosikan keterlibatan laki-laki, baik laki-laki dewasa sebagai pasangan, dan juga laki-laki muda/remaja, agar bertanggung jawab dan berperilaku tanpa kekerasan. Dalam implementasi program, Yayasan Pulih bekerjasama dengan Aliansi Laki-laki Baru (ALB), berperan dalam kampanye nasional untuk advokasi pelibatan laki-laki, salah satunya adalah dengan menyelenggarakan forum belajar. Forum belajar adalah sebuah kegiatan diskusi dengan jumlah peserta yang dibatasi, yaitu maksimal 20 orang. Kegiatan ini dilaksanakan untuk laki-laki dewasa, ayah, pasangan muda, anak muda dan kelompok masyarakat umum lainnya.

Peran Laki-laki dalam Pengasuhan Anak

Hingga saat ini peran domestik masih dibebankan kepada perempuan, tidak terlepas dari peran mengasuh anak. Sementara pada konstruksi sosial yang ditanamkan kepada kita selama ini adalah laki-laki berperan sebagai pempimpin, pencari nafkah keluarga dan tidak memiliki kewajiban dalam peran domestik. Hal ini tentunya membuat banyak laki-laki menjadi tidak peduli dengan urusan domestik dan tidak memiliki kedekatan dengan anaknya.

Pembagian peran yang setara dalam pekerjaan domestik dan pengasuhan anak sangatlah dibutuhkan agar pertumbuhan dan perkembangan emosional juga intelektual anak bisa tercapai dengan baik. Orang tua merupakan cermin bagi anak, sehingga apa yang dilakukan oleh orang dewasa kedepannya akan menjadi contoh bagi sang anak.

Selain itu, bukan hanya anak yang mendapatkan manfaat dari pengasuhan, sang ayahpun mendapatkan manfaat dari pengasuhannya sendiri. Seperti mampu memahami diri dan berempati dengan orang lain. Keterlibatan ini juga akan menciptakan kedekatan dan interaksi yang lebih erat dalam keluarga. Ayah yang terlibat dalam pengasuhan anak juga akan memberi dampak dalam kebahagian pernikahan. Adanya energi positif dalam diripun akhirnya mampu tampil dalam performa kerja yang diharapkan dapat meningkatkan kondisi perekonomian keluarga.

II. Tujuan

Forum belajar topik “Peran Laki-laki dalam Pengasuhan Anak” diadakan dengan tujuan:

  1. Memahami pentingnya keterlibatan laki-laki dalam pengasuhan anak
  2. Mengetahui bagaimana laki-laki bisa ikut serta dalam pengasuhan anak
  3. Membangun perspektif yang sensitif gender dan setara juga anti-kekerasan
  4. Berbagi pengalaman dalam kehidupan sehari-hari terkait pengasuhan anak

III. Output Forum Belajar

Peserta memahami bahwa laki-laki bisa dan harus dilibatkan dalam pengasuhan anak dan pembagian peran yang setara dalam ranah domestik.

IV. Pelaksanaan Forum Belajar

Forum belajar dengan topik Peran Laki-laki dalam Pengasuhan Anak akan diadakan pada:

Hari : Minggu, 3 Mei 2015 (TBC)
Waktu : 15.00 – 17.00 WIB
Moderator : Supriyanto
Tempat : coffeewar, Jl. Kemang Timur Raya No.15 A, Kemang, Jakarta Selatan

V. Peserta Forum Belajar

Forum belajar akan diikuti oleh maksimal 20 orang peserta dengan melakukan pendaftaran online pada setiap sesinya. Peserta yang diharapkan bergabung dalam forum belajar adalah kelompok:

  • Laki-laki dewasa
  • Laki-laki muda
  • Pasangan muda
  • Akademisi
  • Masyakarat umum

VI. Narahubung Forum Belajar

Pendaftaran

About Redaksi

Gerakan Laki-laki untuk kesetaraan gender

Check Also

Merebut Malam Kembali di Taman Suropati

Ada yang bilang ‘malam’ dan ‘perempuan’ bukan gabungan yang terdengar enak di telinga. Mendengar sebutan ‘perempuan malam’, pasti yang muncul di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *