Home / Referensi / Laki-laki Dalam Asuhan Feminisme

Laki-laki Dalam Asuhan Feminisme

Aliansi Laki-laki Baru merupakan salah satu kelompok laki-laki pro-feminis yang
aktif terlibat dalam gerakan untuk keadilan gender dan penghapusan kekerasan terhadap perempuan di Indonesia. Gerakan yang tumbuh dari gerakan perempuan ini lahir di penghujung tahun 2009 dan diinisiasi oleh beberapa aktivis laki-laki dan perempuan dalam sebuah pertemuan kecil di kota kembang Bandung. Kehadirannya didorong oleh keinginan kuat untuk mengubah patriarki sebagai sistem dan laki-laki sebagai kelompok yang dianggap paling bertanggung jawab atas penderitaan yang ditanggung oleh perempuan di masyarakat, mulai dari diskriminasi sampai tindakan kekerasan.

Aliansi Laki-laki Baru sebagai wadah bagi para laki-laki yang sepakat dengan nilai-nilai feminisme untuk berpartisipasi aktif dalam gerakan keadilan gender dan kekerasan terhadap perempuan mendapatkan respons yang beragam dari para aktivis perempuan dan organisasi-organisasi perempuan di Indonesia, meskipun Aliansi ini menegaskan bahwa mereka lahir, tumbuh, dan berkembang dalam asuhan gerakan perempuan.

Beberapa menganggap keterlibatan laki-laki adalah ancaman terhadap gerakan perempuan, ada yang menerimanya namun dengan berbagai syarat yang ketat, sementara lainnya menilai partisipasi laki-laki dalam gerakan untuk mencapai keadilan gender dan penghapusan kekerasan terhadap perempuan adalah sebuah keharusan.

Di tengah penerimaan yang tidak bulat dari gerakan perempuan pada Aliansi Laki-laki Baru dan gerakan laki-laki pro-feminis secara umum, berbagai upaya telah dilakukan oleh kelompok laki-laki ini dalam rangka mentransformasi laki-laki menjadi bagian dari upaya untuk memajukan perempuan dan mendorong keadilan gender serta menghapus segala bentuk kekerasan terhadap perempuan.

Upaya-upaya ini dilakukan oleh Aliansi Laki-laki Baru sembari terus membangun kepercayaan para aktivis dan organisasi perempuan di Indonesia dengan membangun mekanisme akuntabilitas sebagai cara untuk memastikan bahwa keterlibatan laki-laki sungguh memberi manfaat dalam memajukan perempuan dan bukan sebaliknya memberikan kekuasaan dan dominasi baru bagi laki-laki dalam gerakan perempuan.

Pendokumentasian ini selain untuk mendokumentasikan Gerakan Laki-laki Baru di Indonesia, yang dimotori oleh Aliansi Laki-laki Baru, juga dimaksudkan untuk mendokumentasikan bukti-bukti perubahan yang dihasilkan gerakan ini pada kehidupan perempuan dan laki-laki serta dalam membangun nilai-nilai baru dalam masyarakat yang mencerminkan keadilan dan antikekerasan. Selain itu, pendokumentasian ini juga ingin menemu-kenali sejauh mana Gerakan Laki-laki Baru mampu memperkuat posisi politik perempuan. Lebih lanjut, pendokumentasian ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan terkait dengan gerakan laki-laki pro-feminis di Indonesia yang memang masih terbatas serta memberi basis informasi. Sehingga dapat dijadikan rujukan dalam pengembangan program-program pembangunan terkait dengan gender dan penghapusan kekerasan terhadap perempuan yang mengadopsi pendekatan pelibatan laki-laki.

Kritik dan saran untuk proses dan hasil pendokumentasian ini sangat penting mengingat sebagai proses memproduksi pengetahuan, pendokumentasian ini bukanlah sebuah proses yang final namun merupakan proses yang hidup dan terus tumbuh seiring dengan munculnya cara pandang serta temuan-temuan baru di lapangan.

laki-laki-dalam-asuhan-feminisme_signed-off_ol

About Redaksi

Gerakan Laki-laki untuk kesetaraan gender

Check Also

Kekerasan Terhadap Perempuan dalam Pernikahan Sirri

Telah banyak pembahasan yang mengungkapkan bahwa pernikahan sirri atau pernikahan yang tidak dicatatkan berdampak buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *