Home / Berita / Saatnya Laki-laki Peduli

Saatnya Laki-laki Peduli

YOGYA (KRjogja.com) – Memperingati hari anti kekerasan terhadap perempuan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)  yang bergerak di bidang gender, Rifka Annisa, menggelar aksi yang bertajuk ‘Laki-Laki Ppeduli Keluarga’, Sabtu (5/12). Mereka menyerukan, agar kaum lelaki menghentikan kekerasan terhadap kaum perempuan.

Koordinator aksi, Nurhasim menjelaskan, selama ini kekerasan terhadap perempuan juga anak, khususnya dalam keluarga, selalu mengidentikkan laki-laki sebagai akar masalahnya. Padahal, secara subtantif, kaum laki-laki adalah sosok yang mampu melindungi dan mengayomi.

“Kalau kita bicara tentang kekerasan terhadap perempuan, pertanyaan yang muncul kan bagaimana dengan laki-laki? Nah, seoalah-olah kaum lelaki adalah biang dari itu. Namun memang, selama ini kerap terjadi para lelaki terlalu dominan untuk menentukan segala permasalahan, terutama dalam keluarga. Sehingga banyak pula anak-anak yang melihat sosok lelaki atau ayah sebagai sosok yang menakutkan seperti monster,” papar Nurhasim kepada KRjogja.com di sela-sela aksinya.

Pihaknya mengajak seluruh kaum laki-laki, khususnya yang ada di DIY ini untuk merubah paradigma superioritasnya terhadap kaum perempuan. Saatnya kaum lelaki menunjukkan hakekat dirinya yang mampu dicintai oleh keluarga. “Jadi mari kita tunjukkan, minimal dalam keluarga kita, jika kita (laki-laki.red) mampu menjadi sosok yang peduli, menyayangi, suprtif serta egaliter, terutama penuh persahabatan dan anti kekerasan,” ajak Nurhasim.

Dalam aksinya ini, puluhan lelaki beserta keluarganya berkumpul di taman parkir Abu Bakar Ali, kemudian longmarch menyusuri kawasan Malioboro menuju perempatan Kantor Pos Besar Yogyakarta. Massa juga membawa kereta bayi, payung serta mengenakan celemek sebagai simbol, jika lelaki juga harus mampu dan peduli terhadap keluarga, khususnya terhadap perempuan dan anak. Aksi damai ini diakhiri dengan pembubuhan tanda tangan dalam selembar spanduk bagi para pejalan kaki untuk mendukung aksi laki-laki peduli keluarga. (Dhi)

sumber : KR

About Redaksi ALB

Check Also

Cegah Kekerasan Terhadap Perempuan, Perlu Pendidikan Toleransi Kepada Anak Laki-laki Sejak Dini

TRIBUNJOGJA.COM – Pemerintah Kabupaten Sleman menggelar Sarasehan memperingati 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan pada …

4 comments

    • Halo, laki-laki baru adalah gerakan laki-laki untuk keadilan gender, gerakan ini juga ada difacebook, jika Anda satu visi dengan gerakan ini bergabunglah bersama kami. salam laki-laki baru

  1. Programnya apa aja ya……
    Bisa nggak mengajak komunitas pria yang lain misalnya:
    Komunitas motor, gym, atau bodybuilder….
    atau bahkan, Polri TNI….?

    • Sejauh ini yang sedang dilakukan adalah menggalang aliansi serta melakukan kampanye citra baru laki-laki. Tentang gagasan melibatkan berbagai kelompok laki-laki adalah gagasan yang menarik jika Mas Lukita memiliki peluang untuk melibatkan mereka dalam gerakan ini welcome mas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *