Home / Info (page 2)

Info

5 Mitos Seks dan Kesehatan Seksual Laki-Laki

Seks saat ini memang telah menjadi suatu hal yang secara terbuka menarik untuk dibahas dan dibicarakan, karena tidak dapat dipungkiri seks adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Tentunya ini sangat jauh berbeda situasinya dengan beberapa dekade lalu. Di saat arus informasi dan komunikasi tidak sederas sekarang, tidak setiap orang mau …

Read More »

Apakah Kamu Termasuk si “Laki-laki Baru”?

Hidup sebagai laki-laki memang susah-susah gampang. Terasa gampang karena laki-laki punya banyak hak istimewa dibanding perempuan di masyarakat, seperti lebih leluasa bermain keluar rumah maupun mengejar karier dan lebih bebas.  Tapi segala hak istimewa yang dimiliki laki-laki pasti juga diikuti oleh tanggung jawab sosial yang besar. Coba deh lihat di …

Read More »

7 Mitos Tentang Kekerasan Terhadap Perempuan

1. Kekerasan terhadap perempuan adalah masalah perempuan Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa persoalan kekerasan terhadap perempuan (KTP) adalah urusan perempuan semata. Oke, mari kita lihat faktanya bahwa 1 dari 3 perempuan di dunia pernah mengalami kekerasan dalam hidupnya. World Health Organisation (WHO) bahkan mengkategorikan KTP sebagai pandemi seperti malaria …

Read More »

Mengapa Laki-Laki Melakukan Kekerasan

Kali ini aku akan berbagi cerita tentang pengalamanku mengikuti Forum Belajar Maskulinitas dengan tema Psikologi Laki-Laki dan Kekerasan. Forum Belajar ini diadakan oleh Aliansi Laki-Laki Baru di Coffee War kemarin sore (16/7). Ada beberapa hal yang aku pikir cukup menarik untuk aku bagikan, utamanya tentang 7P kenapa Laki-Laki sering kali …

Read More »

Ingin Menjadi Suami yang Baik?

Bagi perempuan tak ada lembaga pendidikan yang mengajarkan menjadi istri yang baik. Bagi laki-laki pun demikian adanya, tak ada sertifikasi menjadi suami yang baik . Menjadi istri dan suami semata-mata pelabelan sosial dari terjadi perkawinan. Apa yang diperankan suami dan istri sebagian besarnya merupakan reproduksi dari pengalaman sendiri dan replikasi …

Read More »

Atas Nama Harga Diri

Biar Tekor Asal Kesohor Dalam dunia percowokan, dikenal istilah “anti ditraktir cewek”. Karena kalau itu terjadi, niscaya apa yang menggantung di bawah puser, akan berubah menjadi kuaci. Haahhh…! Masa sih?? Ya gak lah, paling juga tuh cowok kepalanya langsung mengempis kayak balon bocor lantaran merasa kehilangan harga diri yang perkilonya …

Read More »

Cuap-Cuap Laki-Laki Baru

Niatan temen-temen yang menginisiasi lahirnya laki-laki baru (lahirnya sesar apa normal?), bukan lantaran salah satu dari penggagasnya niat nyapres di 2014, apalagi niat dapet warisan dari mendiang Michael Jackson, tapi murni (kayak bensin aja) lantaran mau mengajak sesama laki-laki (hayooo kemana?) ke jalan yang benar, jalan yang tidak melanggengkan penindasan …

Read More »

Kampanye Men Can Stop Rape

Where Do You Stand? adalah salah satu kampanye yang digagas oleh Men Can Stop Rape (MCSR), sebuah organisasi nonprofit yang berlokasi di Washington DC dan berdiri sejak 1997. Mereka mempunyai misi mendorong laki-laki menggunakan kekuatan mereka untuk menciptakan kultur bebas kekerasan, terutama kekerasan terhadap perempuan. Kampanye Where Do You Stand? menyasar pada …

Read More »

Mitos dan Fakta Perkosaan

Ada banyak mitos yang tersebar di masyarakat mengenai tindak perkosaan. Mitos tersebut, cenderung menyalahkan korban sehingga berdampak langsung pada mereka. Korban kemudian cenderung menyalahkan diri sendiri sehingga tidak melaporkan ke pihak yang berwenang. Belum lagi trauma yang harus ditanggung oleh korban seumur hidupnya karena tidak mendapatkan pemulihan. Sumber: Rifka Annisa …

Read More »