Lomba Foto "Citra Baru Laki-laki"

Kerangka Acuan

Sebagian dari laki-laki akan merasa asing bahkan anti bila laki-laki membahas tentang relasi setara antara laki-laki dengan perempuan. Hal itu terjadi karena budaya menempatkan laki-laki sebagai makluk nomor satu, karenanyalah kemudian budaya mendaulat laki-laki menjadi pemimpin, dan penentu keputusan terhadap nasib makhluk nomor dua, yakni perempuan.
Melihat konstruksi budaya yang menempatkan laki-laki sebagai superior dalam relasi dan kehidupan, pada akhirnya kita melihat relasi antara laki-laki dan perempuan seperti sebuah pakem kehidupan di mana laki-laki mendominasi, dan perempuan didominasi. Akibat dari relasi yang demikian (dominan), sebagian laki-laki merasa wajar jika ia melakukan kekerasan terhadap perempuan.
Tetapi begitu secara berangsur-angsur, walau masih terbatas, relasi antar laki-laki dan perempuan, terutama pada pasangan muda, kini mengalami pergeseran ke arah yang lebih demokratis, terutama dalam membuat kesepakatan dilakukan secara bersama-sama. Selain itu dalam peran domestik (mengurus rumah tangga dan mengasuh anak), sebagian dari pasangan muda sudah mempraktekan pembagian peran, dan membangun keluarga dengan tidak melakukan kekerasan di antara mereka, terutama dalam proses membesarkan anak-anaknya.
Melihat fenomena di atas, Aliansi Laki-laki Baru, sebuah gerakan yang mengajak laki-laki untuk meninggalkan cara-cara kekerasan sebagai sikapnya, terutama dalam berelasi dengan pasangan. Selain itu,  mendorong agar laki-laki menjadi pihak yang berempati dan peduli atas terus meningkatnya kekerasan terhadap perempuan, dan mengajak untuk terlibat pada upaya-upaya pencegahan kekerasan terhadap perempuan yang dapat dimulai dari diri sendiri.
Salah satu kegiatan untuk mendukung pencegahan kekerasan terhadap perempuan, Aliansi Laki-laki Baru, bersama Rifka Annisa, akan menyelenggarakan lomba foto yang menggambarkan tentang keterlibatan laki-laki pada pencegahan kekerasan terhadap perempuan, dan keterlibatan ayah dalam proses pengasuhan dan pembagian peran yang setara.
Alasan kami menjadikan hal di atas sebagai tema lomba foto, tidak lain karena kami ingin mendorong dan mengkampanyekan tentang peran dan keterlibatan laki-laki dalam upaya mencegah kekerasan terhadap perempuan, dan mengajak laki-laki untuk membangun citra baru laki-laki yang peduli dengan bersetara dalam berelasi agar terwujud keadilan dan mencipta kebahagiaan.

Peserta

Terbuka untuk umum (Laki-laki, Perempuan dan lainnya), Warga Negara Indonesia minimal berusia 17 tahun saat mendaftar

Ketentuan Umum:

  • Lomba ini terbuka untuk pelajar, mahasiswa dan umum.
  • Boleh menggunakan kamera jenis apa saja.
  • Karya foto yang dikirim adalah karya ciptaan sendiri, belum pernah memenangkan penghargaan lomba fotografi skala nasional dan internasional.
  • Setiap foto harus dilengkapi identitas diri peserta seperti: nama fotografer, judul foto, alamat, nomor telepon/hp, e-mail dan identitas diri (kartu pelajar, kartu mahasiswa, atau Kartu Tanda Penduduk)
  • Hak cipta melekat pada fotografer, namun Aliansi Laki-laki Baru diberikan hak/izin untuk mempublikasikan foto yang masuk nominasi untuk kepentingan non-komersial dan kampanye.
  • Panitia dan Aliansi Laki-laki Baru dibebaskan dari tuntutan pihak ketiga bila foto digunakan untuk keperluan tersebut.
  • Seluruh karya yang masuk ke Panitia akan diseleksi oleh Dewan Juri
  • Nama nominator akan diumumkan melalui website www.lakilakibaru.or.id pada tanggal 5 April 2015 (TBA)

Ketentuan khusus:

  • Setiap peserta diperbolehkan mengirimkan maksimal 5 buah foto dalam format file PNG atau JPEG, resolusi 300 dpi dengan ukuran file foto minimal 1 MB dan maksimal 10 MB.
  • Olah digital diperbolehkan, sebatas perbaikan kualitas foto (tonal dan warna) tanpa mengubah keaslian subjek.
  • Tidak diperbolehkan mengirimkan foto berupa kombinasi lebih dari satu foto (composite dan montage) dan menghilangkan/mengubah elemen-elemen dalam satu foto.
  • Konten foto tidak mengandung unsur SARA dan pornografi.
  • Dengan mengirimkan karya foto berarti peserta telah dianggap menyetujui semua persyaratan yang telah ditetapkan oleh Panitia.
  • Panitia berhak mendiskualifikasi foto peserta sebelum dan sesudah penjurian apabila dianggap tidak memenuhi ketentuan.
  • Keputusan Dewan Juri mutlak dan tidak dapat diganggu-gugat.
  • Peserta tidak dipungut biaya apapun.

Tata cara pengiriman karya:

  • Setiap peserta mendaftarkan diri via website Aliansi Laki-laki Baru.
  • Mengisi form data peserta dengan lengkap, nomor telepon/HP wajib diisi untuk konfirmasi dan verifikasi finalis.
  • Foto yang dilombakan dikirim via surel ke alamat: [email protected], dengan subyek “Lomba Foto: Citra Baru Laki-laki” dan menyertakan keterangan dalam badan surel sebagai berikut:
    • Nama
    • Tanggal lahir
    • Lampiran foto yang diikutkan dalam lomba
    • Lampiran keterangan tentang foto yang diikutkan dalam lomba dengan format PDF:
    • Setiap foto diberikan judul
    • Setiap foto diberikan keterangan atau cerita dari foto tersebut, maksimal 1 paragraf (atau 100 kata)
    • Lampiran foto copy/scan identitas diri

Hadiah

  1. Juara Pertama  : Rp. 3.500.000,-
  2. Juara Kedua      : Rp. 2.500.000,-
  3. Juara Ketiga      : Rp. 1.500.000,-
  4. Juara Favorit     : Rp. 1.000.000,-

Pengumpulan Karya Lomba Foto

21 Februari 2015 s.d. 31 Maret 2015, pukul 24:00 WIB (TBA)
Pengumuman Pemenang
Pemenang akan diumumkan pada 21 April 2015 melalui situs www.lakilakibaru.or.id.

Informasi:

Sekretariat:

Rifka Annisa, Jl. Jambon IV Komplek Jatimulyo Indah, Tegalrejo Yogyakarta. Tel: 0274 553333

Formulir Pendaftaran

 

19 comments

  1. Saya tertarik ikut lomba, daftarnya gimana sih. Kok formulirnya gak bisa diunduh/dibuka.

  2. Hallo mas Aris Kurniawan, formulirnya ada pada bagian paling bawah, dan gak usah diunduh, langsung diisi saja form yg sudah kami sediakan. Terima kasih

  3. Hallo mas Aris, saya Tita. Saya mau ikut lomba apakah daftar terlebih dahulu atau bareng beserta fotonya mas..?

    • Hi Tita, silahkan mendaftar terlebih dahulu di formulir yang telah kami sediakan. Pendaftaran dan pengiriman foto paling terlambat diterima panitia tgl. 31 Maret 2015

  4. saya sudah daftarin ya… terimakasih atas informasinya… semoga dengan lomba ini bisa membangun kesadaran kaum laki-laki untuk mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak.

  5. Yang dimaksud dari point ini tuh gmna yah mas ?
    *Lampiran keterangan tentang foto yang diikutkan dalam lomba dengan format PDF:
    terimakasih

    • Halo mas Hanif, maksudnya adalah keterangan atau caption mengenai foto dilampirkan dalam dokumen berbentuk PDF. Format ini dipilih untuk memastikan dalam proses administrasi dan penjurian tidak terjadi perubahan keterangan/caption, baik disengaja maupun tidak. Ini untuk menjamin prosesnya tetap jujur.Jika masih butuh info lebih jauh, silahkan hubungi narahubung yang ada di dalam keterangan

  6. adrianus windujati

    hello, sudah daftar dan sudah kirim foto, tanda pendaftaran dan kiriman foto sudah diterima oleh panitia bagaimana ya? matur suksema

    • Terima kasih sudah mendaftar dan mengirimkan karya kamu. Panitia lomba akan mengirimkan e-mail konfirmasi jika sudah menerimanya. Konfirmasi hanya dikirimkan pada hari kerja saja, jadi harap bersabar ya 🙂

  7. fery sembiring

    saya sudah daftar dan kirim foto nya,bener kan ya mas 1 foto 1 e mail ? dan kalau misal ada kesalahan dalam pengiriman foto.Apakah ada konfirmasi mas dari panitia untuk melakukan perbaikan ?

    • Halo Fery, terima kasih sudah mendaftar dan mengirimkan karya kamu. Silahkan kirimkan dalam beberapa foto kamu dalam satu e-mail jika besar filenya mencukupi. Kami akan memberikan konfirmasi dan catatan jika masih ada kekurangan dari syarat dan ketentuan lomba.

  8. Saya sudah Register ,, trus selanjutnya gmna ,, ? Mohon petunjuknya … Terimakasih .

  9. Untuk Lampiran PDF, Perfoto apa sekalian semua caption foto dalam 1 pdf ? mohon infonya.. Tks

  10. salmat siang min,.saya sudah ngirim foto nya tlong kabari ya kalo fotonya belum masuk,.

  11. Mas saya gak tahu cara ngirimnya ? Kalo lewat facebook bisa gak ? atau email gitu ?
    please yah ….

  12. Yohanes a Deo Beny

    aku sudah daftar. itu harus tunggu konfirmasi kalau pendaftaran berhasil atau bisa langsung kirim foto via email?
    terima kasih. 😀

  13. Wah lombanya sudah ditutup yah, apakah ada lomba lagi? buat dishare lewat bbm ke guru atau muridku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *