Home / Galeri / [Video] The Impossible Dream

[Video] The Impossible Dream

Ketidakadilan yang dialami oleh perempuan di dalam kehidupannya bukanlah hal yang kasat mata. Setiap hari kita selalu menghadapinya, mulai dari wilayah privat seperti rumah hingga publik seperti tempat kerja. Ironisnya, sangat sedikit dari kita yang menyadari bahwa ketidakadilan tersebut adalah sebuah persoalan bahkan menjadi bagian dari pelaku. Harus dipahami, mayoritas dari manusia dibesarkan oleh sistem patriarki yang selama ini menganggap bahwa perempuan adalah manusia nomor dua sehingga ketidakadilan yang dialaminya adalah sebuah hal yang kodrati.

Sebuah film animasi pendek berjudul “The Impossible Dream” yang dibuat oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) merupakan salah satu cara yang tepat untuk memahami persoalan ketidaksetaraan gender bagi pemula. Setidaknya inilah yang dialami oleh penulis saat pertama mulai belajar tentang kesetaraan gender. Film ini menjadi materi awal yang didapatkan dan sangat efektif untuk mengusik kesadaran kita mengenai ketidakdilan yang dialami oleh perempuan.

Dengan durasi 8 menit, film ini memberikan informasi yang cukup lengkap mengenai persoalan yang dihadapi perempuan dalam kehidupannya. Dalam film ini, kita akan menemukan persoalan berlapis yang dihadapi oleh perempuan. Di rumah, semua tugas domestik seperti memasak, membersihkan rumah dan mengasuh anak menjadi tanggung jawab perempuan. Saat perempuan mendapatkan kesempatan bekerja, mereka tidak mendapatkan upah yang sama dengan laki-laki meskipun memiliki posisi dan tanggung jawab yang sama. Film ini juga memberikan harapan bahwa cita-cita untuk kesetaraan bukanlah hal yang mustahil jika kita bekerja sama dan membuat perubahan

About Syaldi Sahude

Pekerja data dan Informasi, Relawan ALB

Check Also

Cerita Perubahan

Cerita Perubahan adalah sebuah film mini dokumenter yang mengisahkan potret perjalanan sebuah keluarga di Lampung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *