Home / Tulisan Khas / Laki-Laki Berbagi Peran Domestik? Apa Saja Sih, Manfaatnya?
Laki-Laki Berbagi Peran Domestik

Laki-Laki Berbagi Peran Domestik? Apa Saja Sih, Manfaatnya?

Seperti yang sudah ditulis dalam beberapa artikel sebelumnya, melibatkan laki-laki berbagi peran domestik adalah suatu hal yang cukup penting. Kenapa? Karena di zaman sekarang, memenuhi kebutuhan ekonomi rumah tangga tidak bisa lagi dibebankan kepada satu orang saja. Pasangan suami-istri yang bekerja penuh waktu sudah menjadi hal yang lumrah saat ini. Bayangkan jika pasangan semuanya sudah lelah bekerja namun pekerjaan rumah tangga masih saja hanya dibebankan kepada salah satu pihak, apakah hal ini adil? Tentu saja tidak bukan?

Laki-laki tidak perlu malu untuk mengerjakan pekerjaan rumah seperti mencuci, menyapu, memasak atau bahkan mengurus anak jika ia sudah memiliki buah hati. Dengan menjunjung tinggi prinsip keadilan dan kesetaraan, sebetulnya ada banyak manfaat yang juga bisa didapatkan oleh laki-laki yang berbagi peran domestik lho! Yuk, kita lihat beberapa manfaat berbagi peran domestik yang bisa didapatkan berikut ini:

  1. Mengurangi Tingkat Stress

Mengerjakan pekerjaan rumah tangga mungkin terlihat sepele namun bagi kamu yang sudah sering melakukannya pasti tahu betapa membosankannya mengulang pekerjaan-pekerjaan remeh itu setiap harinya. Hal ini secara langsung sebetulnya dapat meningkatkan stress seseorang, apalagi jika orang tersebut juga bekerja penuh waktu di siang harinya. Nah, dengan saling berbagi peran, maka beban pekerjaan rumah tersebut dapat dibagi rata secara adil. Hasilnya? Tentu saja tingkat stress kamu akan berkurang!

  1. Memperbaiki Komunikasi Dalam Rumah Tangga

Harus diakui bahwa saat ini, individualisme dalam masyarakat semakin meningkat. Kita terlalu sibuk dengan diri sendiri hingga lupa untuk berkomunikasi dengan orang lain, bahkan dengan mereka yang tinggal satu atap dengan kita. Kurangnya komunikasi ini dapat menimbulkan konflik lho. Dengan berbagi peran, mau tidak mau kamu harus berkomunikasi dengan anggota keluarga di rumah, baik orang tua, saudara, pasangan serta anak-anak kamu. Mengerjakan pekerjaan domestik pun akhirnya dapat menjadi suatu kegiatan bersama yang menyenangkan.

  1. Memberikan Contoh Yang Baik Kepada Anak

Pasangan yang sudah memiliki anak dapat menjadikan kegiatan mengurus rumah sebagai salah satu cara pengasuhan yang positif. Anak akan belajar bahwa mengurus rumah merupakan tugas tim yang harus diselesaikan bersama-sama. Anak juga dapat melihat bagaimana cara berinteraksi yang saling menghargai dari kedua orang tuanya. Nilai tambahnya adalah, bonding dengan anak dapat dilakukan cukup dari dalam rumah saja!

  1. Hemat Waktu

Ketika laki-laki berbagi peran domestik dan mengerjakan pekerjaan di rumah secara bersama-sama, rumah akan lebih bersih dan rapi dalam waktu yang lebih singkat. Jika sebelumnya membersihkan rumah memerlukan waktu hampir seharian, dengan berbagi peran, waktu pengerjaannya bisa dipangkas hingga setengahnya. Sisa waktu yang ada pun bisa kamu gunakan untuk bercengkrama dan bersantai bersama keluarga kamu. Asyik kan?

Ternyata, ketika laki-laki berbagi peran domestik itu banyak manfaatnya ya! Setelah membaca beberapa manfaat di atas, apakah kamu ingin mempraktikannya di rumah kamu? Menurut kamu, manfaat apa lagi yang bisa didapatkan oleh laki-laki yang ikut berbagi peran domestik di dalam rumah? Sampaikan pendapat kamu di kolom komentar di bawah ya!

About Aditya Pratama

Kontributor ALB, penggiat OBR Indonesia dan saat ini aktif sebagai fasilitator muda di program Laki-laki Peduli

Check Also

Laki-Laki Berbagi Peran

Melibatkan Laki-Laki Berbagi Peran Domestik

Tahukah kamu, bahwa semua jenis pekerjaan rumah tangga, atau yang biasa disebut pekerjaan domestik, ternyata …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *