Home / Kegiatan / VSCREEN & VMEN: Kekerasan Seksual: Di Mana Posisi Laki-laki?

VSCREEN & VMEN: Kekerasan Seksual: Di Mana Posisi Laki-laki?

Persoalan kekerasan terhadap perempuan, khususnya kasus kekerasan seksual menjadi fenomena sosial yang saat ini terus meningkat jumlahnya. Menurut data yang diolah oleh Komnas Perempuan, sedikitnya 35 perempuan menjadi korban kekerasan seksual setiap harinya. Mayoritas dari pelaku kekerasan seksual adalah laki-laki.

Informasi ini diperkuat oleh data hasil UN Multi-country Study on Men and Violence in Asia and The Pacific’s. Studi tersebut menemukan bahwa lebih dari separuh (57,6%) laki-laki pernah melakukan kekerasan seksual, melakukannya secara berulang. Sementara lebih dari sepertiga (33,1%) melakukannya terhadap lebih dari seorang perempuan korban.

Dari data tersebut, setidaknya ada dua pertanyaan besar yang muncul dari persoalan ini.

Pertama, mayoritas pelaku kekerasan seksual adalah laki-laki maka persoalan ini seharusnya menjadi tanggung jawab bersama. Masalahnya, di mana kemudian posisi laki-laki dalam persoalan ini? Apakah hanya sebagai pelaku atau juga bisa turut menjadi aktor dalam pencegahan?

Kedua, mitos bahwa laki-laki tidak bisa menjadi korban kekerasan seksual telah menyebabkan pemahaman yang tidak tepat karena perkosaan bisa terjadi pada siapa saja, termasuk laki-laki. Lalu apa yang dapat dilakukan oleh laki-laki sebagai individu maupun bagian dari masyarakat dalam mencegah terjadinya kekerasan seksual?

Nah, untuk membahas tema ini, One Billion Rising Indonesia bekerja sama dengan Aliansi Laki-laki Baru mengundang teman-teman semua untuk nonton bareng film Surga Kecil di Bondowoso karya Nia Dinata dan film A Balloon for Allah karya Nefise Özkal Lorentzen.
Dan mengajak kalian juga untuk terlibat dalam VMen mendiskusikan di mana posisi laki-laki dalam persoalan kekerasan seksual. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal: Minggu, 26 Januari 2014
Waktu: 15:00 – 18:00 WIB
Tempat: CoffeeWar, Jl. Kemang Timur Raya No.15A Jakarta Selatan
Acara:

  • VScreen (pemutaran film) – Surga Kecil di Bondowoso dan A Balloon for Allah.
  • VMen (diskusi terbuka) – Kekerasan Seksual: Di mana posisi laki-laki?

Narasumber:

  • Wawan Suwandi, Aliansi Laki-Laki Baru
  • Joko Sulistiyo, Yayasan Kalyanamitra

Moderator: Syaldi Sahude

Kami sangat mengharapkan kehadiran teman-teman. Mari kita saling bertukar pikiran terkait tema di atas. Jika kamu membutuhkan informasi tentang kegiatan ini, silahkan hubungi Ferdylan Utomo: +6281905581252

About Redaksi

Gerakan Laki-laki untuk kesetaraan gender

Check Also

Merebut Malam Kembali di Taman Suropati

Ada yang bilang ‘malam’ dan ‘perempuan’ bukan gabungan yang terdengar enak di telinga. Mendengar sebutan ‘perempuan malam’, pasti yang muncul di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *